Rabu, 31 Oktober 2012

Prospek Usaha

Suwandi Suparlan mengungkapkan, untuk membangun sebuah usaha, ada empat hal yang harus diperhatikan, yakni :
1. motivasi dan komitmen;
2. ada gagasan dan pasar;
3. kemampuan dan pengalaman;
4. sumber daya (alam, manusia, teknologi, pengetahuan, dan finansial).

Ada lima jenis usaha yang memiliki prospek yang bagus, diantaranya :
1. Bisnis Jasa, bisnis ini merupakan terbesar dan paling cepat pertumbuhannya dalam dunia bisnis. Contonya, Cipaganti Rental dan Search Engine Google, dalam waktu singkat berkembang dengan pesat.
2. Bisnis Eceran (retail business), usaha yang menjual produknya langsung kepada konsumen. Contohnya, Alfamart dan Yomart.
3. Agribisnis/pertanian (agriculture), bisnis yang paling tua yang tidak akan dimakan waktu karena masyarakat selalu membutuhkan setiap saat dan karena adanya kebergantungan satu sama yang lainnya. Contohnya, munculnya berbagai macam makanan organik.
4. Bisnis Manufaktur (manufaktur business), bisnis ini memerlukan investasi yang cukup besar karena memerlukan tenaga kerja, teknologi, dan bahan mentah untuk mengoperasikannya. Contohnya, pabrik kendaraan Yamaha dan Honda.

Menurut Dan dan Brandstreet, Business Credit Service (1993:1), ada 10 kompetensi yang harus dimiliki wirausaha, yaitu :
a. knowing your business;
b. knowing the basic business management;
c. having the proper attitude;
d. having adequate capital;
e. managing finances effectively;
f. managing time effictively;
g. managing people;
h. satisfying costumer by providing high quality product;
i. knowing how to compete;
j. coping with regulations and paperwork.

Jadi, saat kita mulai merencanakan usaha, ingatlah pepatah bijak, "Tidak ada saat yang tepat untuk memulai suatu usaha selain sekarang juga". Janganlah menunda rencana Anda untuk membuka usaha.

Sumber :
Firmansyah, S.Pd, Imam dan Yoeningsih, S.Pd. 2007. KEWIRAUSAHAAN. Bandung: berkhidmat untuk ilmu

Jumat, 12 Oktober 2012

Macam - macam Organisasi dari segi tujuan

1) Jelaskan dan klasifikasikan pengertian Organisasi Niaga, Sosial, Regional dan Internasional !
  Jawab. Tujuan organisasi adalah pernyataan yang menjelaskan apa ingin kita capai dalam berorganisasi,yang berasal dari visi atau misi kita dalam berorganisasi. Tujuan adalah ujung ke arah mana organisasi kita akan diarahkan. Macam organisasi dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu dari jumlah puncak pimpinan, segi keresmian, segi tujuan, segi luas wilayah, segi sosial, dan segi bentuk. Yang akan saya bahas disini adalah macam-macam organisasi dari segi tujuan yang ingin dicapai. Macam-macam organisasi tersebut adalah :

      1. Organisasi Niaga

          Organisasi yang tujuan utamanya untuk mencari keuntungan, terutama dalam bidang bisnis.
          Macam-macam Organisasi Niaga :
  • Perseroan Terbatas (PT), yaitu perusahaan yang didirikan oleh dua orang atau lebih yang berbadan hukum
  • Perseroan Komanditer (CV), yaitu salah satu badan usaha yang dilakukan oleh pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.
  • Firma (Fa), yaitu suatu organisasi bisnis dimana ada perjanjian dua orang atau lebih untuk memperoleh keuntungan bersama.
  • Koperasi, yaitu badan usaha yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.
  • Join Venture, yaitu kerjasama antara dua orang atau lebih dalam bidang bisnis untuk membentuk perusahaan baru.
  • Trust, yaitu penggabungan dua unit usaha menjadi satu dan masing-masing unit usaha kehilangan identitasnya. Beberapa perusahaan yang telah melebur akan melahirkan perusahaan baru yang lebih besar.
  • Kartel, yaitu persekutuan perusahaan-perusahaan dibawah suatu perjanjian untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Holding Company, yaitu suatu usaha untuk menggabungkan satu perusahaan dengan perusahaan lain.
         2. Organisasi Sosial

         Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum. Berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat untuk ikut andil dalam pembangunan bangsa dan negara menuju arah yang lebih baik lagi dengan tujuan menjadikan bangsa dan negara dalam pembentukan sosialisasi yang baik dan menjadikan masyakarat yang penuh dengan jiwa sosialisasi yang tinggi.
          Jalur pembentukan Organisasi Kemasyarakatan :
  • Jalur Keagamaan
  • Jalur Profesi
  • Jalur Kepemudaan
  • Jalur Kemahasiswaan
  • Jalur Kepartaian dan Kekaryaan

       3. Organisasi Regional dan Internasional

           Organisasi Regional :
          Organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja. Sebagai contoh : ASEAN (Association of Southeast Asian Nations = Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA)), dibentuk 8 Agustus 1967, memiliki 10 negara anggota, Timor Leste dan Papua new Guinea hanya sebagai pemantau, dan masih mempertimbangkan akan menjadi anggota).

            Organisasi Internasional :
       Organisasi yang anggota- anggotanya meliputi negara di dunia. Sebagai contoh : UN (United Nations = Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)),didirikan di San Fransisco pada 24 Oktober 1945.

2) Perbedaan Organisasi Niaga dan Sosial menurut wilayah Regional dan Internasional !
    Jawab.
  • Organisasi Niaga menurut wilayah Regional dan Internasional yaitu organisasi yang tujuannya mencari keuntungan, berdasarkan wilayah Regional organisasi tersebut hanya meliputi beberapa negara tertentu saja. Sedangkan berdasarkan wilayah Internasional, organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara didunia.
  • Organisasi Sosial menurut wilayah Regional dan Internasional yaitu perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. berdasarkan wilayah Regional organisasi tersebut hanya meliputi beberapa negara tertentu saja, sebagai contoh : ASEAN (Association of Southeast Asian Nations = Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA)). Sedangkan berdasarkan wilayah Internasional, organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara didunia, sebagai contoh : UN (United Nations = Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)).
3) Sebutkan hal-hal penting yang perlu dipenuhi dalam membentuk suatu Organisasi !
    Jawab. Agar suatu partisipasi dalam organisasi dapat berjalan dengan efektif, membutuhkan persyaratan-persyaratan yang mutlak yaitu .
  • Waktu. Untuk dapat berpatisipasi diperlukan waktu. Waktu yang dimaksudkan disini adalah untuk memahamai pesan yang disampaikan oleh pemimpin. Pesan tersebut mengandung informasi mengenai apa dan bagaimana serta mengapa diperlukan peran serta.
  • Bilamana dalam kegiatan partisipasi ini diperlukan dana perangsang, hendaknya dibatasi seperlunya agar tidak menimbulkan kesan “memanjakan”, yang akan menimbulkan efek negatif.
  • Subyek partisipasi hendaknya relevan atau berkaitan dengan organisasi dimana individu yang bersangkutan itu tergabung atau sesuatau yang menjadi perhatiannnya.
  • Partisipasi harus memiliki kemampuan untuk berpartisipasi, dalam arti kata yang bersangkutan memiliki luas lingkup pemikiran dan pengalaman yang sama dengan komunikator, dan kalupun belum ada, maka unsur-unsur itu ditumbuhkan oleh komunikator.
  • Partisipasi harus memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi timbal balik, misalnya menggunakan bahasa yang sama atau yang sama-sama dipahami, sehingga tercipta pertukaran pikiran yang efektif atau berhasil.
  • Para pihak yang bersangkutan bebas di dlam melaksanakan peran serta tersebut sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.
  • Bila partisipasi diadakan untuk menentukan suatu kegiatan hendaknya didasarkan kepada kebebasan dalam kelompok, artinya tidak dilakukan pemaksaan atau penekanan yang dapat menimbulkan ketegangan atau gangguan dalam pikiran atau jiwa pihak-pihak yang bersangkutan. Hal ini didasarkan kepada prisnsip bahwa partisipasi adalah bersifat persuasif.
4) Jelaskan Rantang Kendali (Span Of Control) dengan batasan-batasan !
    Jawab. Rentang manajemen atau rentang kendali adalah kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara efektif yang sebagian besar tergantung jumlah bawahan yang melapor kepadanya. Prinsip rentang manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Bawahan yang terlalu banyak kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit juga kurang baik.

Istilah-istilah lain rentang manajemen:
1. span of control
2. Span of authority
3. Span of attention atau span of supervision

Hubungan rentang manajemen dan koordinasi:
”Semakin besar jumlah rentang, semakin sulit untuk mengoordinasi kegiatan-kegiatan bawahan secara efektif.”  
Prinsip rentang manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Pengertian rentang manajemen dapat bermacam-macam ada yang mengatakan span of control, span of authority, span of attention atau span of supervision,

Berapa sebenaranya bawahan seorang manajer agar manajer dapat melaksanakan tugasnya dengan efektif dan efisien. Disini belum ada ketentuan yang pasti berapa seharusnya bawahan yang ada dalam tanggung jawabnya. Bawahan yang terlalu banyak kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit juga kurang baik. Ada dua alasan mengapa penentuan rentang yang baik dan tepat. Pertama rentang manajemen memperngaruhi penggunaan efisien dari manajer dan pelaksanaan kerja efektif dari bawahan mereka. Kedua, adanya hubungan antara rentang manajemen dengan struktur organisasi, dimana semakin sempit rentang manajemen struktur organisasi akan berbentuk “tall” sedang rentang manajemen yang melebar akan membentuk struktur organisasi “flat” yang berarti tingkatan manajemen semakin sedikit.
            Untuk memilih suatu rentang manajemen, manajer harus mempertimbangkan hubungan manajer dengan bawahan dalam dua kelompok dua atau lebih, juga memeperhatikan hubungan satu dengan satu secara langsung dengan bawahan. Secara matematik V.A. Graicunas menetapkan rumus matematikan untuk menghitung jumlah hubungan yang akan dilakukan

5) Sebutkan kebaikan dan keburukan bentuk-bentuk Organisasi !
    Jawab. Menurut pola hubungan kerja, lalu lintas wewenang dan tanggung jawab, maka bentuk organisasi dapat dibedakan sebagai berikut:
  • Bentuk Organisasi Garis
Bentuk ini merupakan nbentuk organisasi paling tua dan paling sederhana. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.
Kebaikannya;
  1. Kesatuan komado terjamin baik karena pimpinan berada pada satu tangan.
  2. Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat karena jumlah orang yang diajak berkonsultasi masih sedikit.
  3. Rasa solidaritas dianatara karyawan umumnya tinggi karena saling mengenal.
Keburukannya;
  1. Seluruh organisasi tergantung pada satu pimpinan (satu orang) dimana bila pimpinan tersebut berhalangan maka organisasi tersebut akan mandek atau hancur.
  2. Ada kecenderungan pimpinan bertindak secara otokratis.
  3. Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas.
  • Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk ini merupakan bentuk dimana sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini dikembangkan oleh FW Taylor.
Kebaikannya;
  1. Pembidangan tugas-tugas jelas.
  2. Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin.
  3. Digunakannya tenga-tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsinya.
Keburukannya;
  1. Karena adanya spesialisasi kerja maka akan sulit untuk mengadakan tour of duty.
  2. Karyawan lebih mementingkan bidangnya sehingga sukar untuk melaksanakan koordinasi.
  • Bentuk Organisasi Garis dan Staff
Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh Harrington Emerson.
Kebaikannya;
  1. Dapat digunakan pada setiap organisasi yang besar, apapun tujuannya, luas organisasinya,dan kompleksitas susunan organisasinya.
  2. Pengambilan keputusan lebih mudah karena adanya dukungan dari staf ahli.
  3. Perwujudan “the right man in the right place”lebih mudah terlaksana.
Keburukannya;
  1. Sesama karyawan dapat terjadi tidak saling mengenal, solidaritas sulit terbangun
  2. Karena susunan organisasinya yang koompleksitas, maka kesulitannya adalah dalam bidang koordinasi antar divisi atau departemen.
  • Bentuk Organisasi Fungsional dan Staff
Bentuk ini merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan staff. Adapun kebaikan dan keburukan dari bentuk organisasi ini adalah juga merupakan kombinasi dari bentuk diatas.
sumber :
http://samputri.blogspot.com/2011/11/macam-macam-organisasi-dari-segi-tujuan_1028.html
http://rizka-suryaningsih.blogspot.com/2012/04/029-syarat-terbentuknya-organisasi.html
http://trickyeko.blogspot.com/2012/03/d-rentang-kendali.html

Sabtu, 06 Oktober 2012

Gambar Struktur Top Level Komputer serta masing-masing fungsinya


-    CPU, berfungsi sebagai pusat pemroses/ unit pengolah utama.
-    Main Memori : untuk menyimpan data, program-program yang sedang berjalan dan  melaksanakan instruksi-instruksi.
-    Systems Interconnection : unit pengontrol antara perangkat yang saling berhubungan.
-    Input/ Output : untuk berinteraksi dengan lingkungan luar dan melakukan hubungan dengan peripheral (perangkat tambahan)

Struktur CPU dan masing-masing fungsi
-    Input/ Output : untuk berinteraksi dengan lingkungan luar dan melakukan hubungan     dengan peripheral (perangkat tambahan.
-    System Bus, berfungsi menghubungkan komponen internal dan bus – bus eksternal CPU.
-    CPU, berfungsi sebagai pusat pemroses/ unit pengolah utama.
-    Memori, sebagai media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
-    Register, berfungsi sebagai tempat penyimpan data sementara dalam CPU selama proses eksekusi. Apabila terjadi proses eksekusi data dalam register dikirim ke ALU untuk diproses, hasil eksekusi nantinya diletakkan ke register kembali.
-    ALU (Arithmetic Logic Unit), berfungsi melaksanakan operasi aritmatik serta operasi-operasi logika.
-    Internal CPU Interconnection, untuk mengontrol komponen internal CPU yang terdiri dari : ALU, unit kontrol dan register – register.
-    CU (Control Unit), yaitu unit pengendali. mengambil, mengkode, dan melaksanakan instruksi sebuah program yang tersimpan dalam memori.

Sumber  :

Perbedaan utama Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer


·         Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal control
·        Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

sumber :

Generasi komputer 1 sampai 6


Generasi komputer ada 6 (enam), diantaranya :
                       I.                   KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1939-1945)

Komputer Generasi pertama
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Ciri-ciri komputer dari generasi pertama :
.)Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
.)Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
.)Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
.)Cepat panas.
.)Proses kurang cepat.
.)Kapasitas penyimpanan kecil.
.)Memerlukan daya listrik yang besar.
.)Orientasi pada aplikasi bisnis.
.)Silinder magnetik untuk menyimpan data


                      II.                KOMPUTER GENERASI KEDUA (1948-1958)
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini: printer,penyimpanan dalam disket,memory,sistem operasi,dan program.Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer.Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.Dengan konsep ini,komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata,kalimat,dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer,analyst,dan ahli sistem komputer).Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Ciri-ciri komputer generasi kedua :
.) Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
.) Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN danCOBOL.
.) Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
.) Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
.) Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
.) Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
.) Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
.) Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
.) Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik. Komputer yang sudah ada di generasi kedua:UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

III.             KOMPUTER GENERASI KETIGA (1958-1971)

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum,namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.Jack Kilby,seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC:integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga :
.)Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
.) Peningkatan dari softwarenya.
.) Pemrosesan lebh cepat.
.) Kapasitas memori lebih besar.
.) Penggunaan listrik lebih hemat.
.) Bentuk fisik lebih kecil.
.) Harga semakin murah

IV.             KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1971-SEKARANG)
Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,memori,dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil.Sebelumnya,IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang,sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.Tidak lama kemudian,setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,televisi,dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.Pada pertengahan tahun 1970-an,perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.Komputer-komputer ini,yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor,dan sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaianCPU: IBM PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon,dsb.Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan.Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,piranti lunak,informasi,dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.Dengan menggunakan perkabelan langsung,yang disebut juga Local Area Network(LAN),atau kabel telepon,jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Ciri-ciri komputer generasi keempat:
.)Menggunakan Large Scale Integration (LSI).
.) Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
V.                KOMPUTER GENERASI KELIMA
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel,yang akan menggantikan model von Neumann.Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
Ciri-ciri komputer generasi kelima :
komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.


VI.             KOMPUTER GENERASI KE ENAM (Masa Depan KE-6)
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

Kemungkinan Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.Kelebihan lainnya lagi,kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,bisa berkomunikasi langsung dengan manusia,dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

Sumber  :
http://radenparna.blogspot.com/2010/12/sejarah-komputer-1-6.html
http://shabhatiama.blogspot.com/2011/04/ciri-ciri-komputer-dari-generasi.html

Mengenal Layout Motherboard


Motherboard inilah yang menjadi media atau tempat berbagai perangkat CPU. Kenalilah layout motherboard berkelas Pentium, sebagai salah satu jenis motherboard yang banyak digunakan konsumen di Indonesia saat ini. Berikut penjelasannya;
·         Konektor Power ATX
Konektor Power ATX adalah konektor power yang terdiri dari 20 pin (kaki). Konektor power ini digunakan untuk casing atau power supply jenis ATX.
·         Konektor IDE/HDD 1&2
Konektor IDE/HDD 1&2 adalah sekumpulan pin, tediri dari 40 pin, berfungsi menghubungkan motherboard dengan harddisk  atau CD-ROM. Pada umumnya, setiap motherboard memiliki dua jenis konektor IDE, yaitu:
1.    Primary IDE
2.    Secondary IDE
·         Baterai
Baterai berfungsi menjalankan RTC (Real Time Clock), juga menjaga isi CMOS, seperti password.
·         Chipset
Chipset adalah komponen yang berfungsi mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada motherboard. Chipset yang banyak digunakan seperti “VIA”, “TXPro”, “Intel”, “VXPro”, “SIS”, dan sebagainya.
·         Konektor FDD
Konektor FDD berfungsi menghubungkan motherboard dengan perangkat FDD (Floppy Disk Drive). Konektor ini mirip dengan konektor IDE, hanya konektor FDD terdiri dari 34 pin.
·         Slot Card PCI
Slot Card PCI adalah slot pada motherboard yang digunakan untuk memasang card tambahan seperti VGA card, sound card berjenis PCI.
·         Slot Card AGP
Slot Card PCI adalah slot pada motherboard yang digunakan untuk memasang card berjenis AGP.
·         Konektor Power 12V
Konektor Power 12V adalah konektor power tambahan di samping konektor power ATX.
·         Konektor Fan
Konektor Fan adalah konektor yang menghubungkan motherboard dengan fan prosesor.
·         Socket Prosesor
Socket Prosesor adalah tempat memasang atau meletakkan prosesor pada motherboard. Setiap kelas prosesor membutuhkan jenis socket yang berbeda.
·         Slot DDR SDRAM
Slot DDR SDRAM adalah slot memori terdiri dari 184 pin mendukung jenis DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous DRAM).
·         Port Mouse PS/2
Port Mouse PS/2 adalah port yang digunakan untuk mouse jenis PS/2. Port mouse ini biasanya berdampingan dengan port keyboard.
·         Port Keyboard PS/2
Port Keyboard PS/2 adalah port yang digunakan untuk keyboard jenis PS/2.
·         Port USB
Port USB adalah port yang menawarkan cara yang lebih baik untuk menghubungkan perangkat USB seperti mouse, keyboard, printer, scanner, kamera digital dengan computer.
·         COM 1&2
COM 1&2 adalah dua konektor yang menjadi bagian dari konektor serial.
·         Port Parallel
Port Parallel adalah Port yang dapat digunakan bersama oleh perangkat komputer. Contoh port parallel dapat digunakan untuk printer dan dapat pula digunakan untuk modem. Pada umumnya, motherboard memiliki satu port parallel, terdiri dari 26 pin.
·         Speaker, Line In & Mic
Speaker, Line In & Mic adalah tiga buah port suara yang terintegrasi menyatu dengan motherboard.
·         Konektor Joystick
Konektor Joystick adalah konektor untuk memasang perangkat joystick. Perangkat ini merupakan perangkat tambahan terutama digunakan untuk mendukung berbagai permainan (game) pada komputer.

Sumber       :
Gumawang, Atang. 2010. Belajar Merakit Komputer. Bandung: Informatika Bandung