A. Definisi Abstrak
Pengertian umum abstrak merupakan penyajian
singkat mengenai isi tulisan sehingga pada tulisan, ia menjadi bagian
tersendiri. Abstrak berfungsi untuk menjelaskan secara singkat kepada
pembaca.Sedangkan pengertian khusus abstrak adalah sesuatu yang dilihat tidak
mengacu kepada obyek atau peristiwa khusus. Abstraksi menyajikan secara
simbolis atau secara konseptual serta secara imajinatif sesuaru yang tidak
dialami secara langsung. Jadi abstrak adalah kata yang menunjukan kepada sifat,
keadaan dan kegiatan yang dilepas dari objek tertentu. Pemahaman akan
pengertian abstrak sepertinya masih dianggap sebagai suatu yang sulit bahkan
tak teraplikasi. Sebagaimana tertera di atas, suatu perikatan adalah suatu
pengertian abstrak (dalam arti tidak dapat dilihat dengan mata), maka suatu
perjanjian adalah suatu peristiwa atau kejadian yang konkret. Misalnya :
Perjanjian jual beli
B. Fungsi Abstrak
Fungsi abstrak adalah untuk memberikan
informasi kepada masyarakat perihal hasil penelitian yang telah dibuat. Uraian
yang hanya satu halaman tersebut memudahkan abstrak dimasukkan dalam jaringan
internet. Hal ini dimaksudkan memudahkan anda mengetahui hasil penelitian tanpa
harus membaca keseluruhan penelitian yang berlembar lembar. Sehingga abstrak
membantu anda dalam mencari referensi dalam penelitian yang anda cari.
Adanya abstrak akan menghindari tindakan
plagiasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebuah penelitian akan
terlindungi jika hanya abstraknya saja yang ditampilkan dan diperluas di
internet.
C. Jenis-jenis Abstrak
Abstrak dalam seuah penulisan karya ilmiah
memiliki beberapa jenis penulisan berdasarkan isinya. Abstrak dapat
diklasifikasikan dalam dua jenis, yaitu sebagai berikut.
Abstrak indikatif adalah abstrak yang
menyajikan uraian secara singkat mengenai masalah yang terkandung dalam laporan
atau karya ilmiah lengkapnya. Abstrak indikatif bertujuan agar pembaca
mengetahui isi informasi tanpa memadatkan isi informasi aslinya dan hanya
memberikan indikasi sasaran cakupan tulisan. Maka, pembaca dapat
mempertimbangkan apakan tulisan asli perlu dibaca atau tidak.
Abstrak informatif adalah miniatur laporan
atau karya ilmiah asli dengan menyajikan data dan informasi secara lengkap
sehingga pembaca tidak perlu lagi membaca tulisan aslinya, kecuali untuk
mendalaminya. Dalam abstrak informatif, disajikan keseluruhan tulisan asli
dalam bentuk mini. Seperti, judul, penulis, institusi, tujuan, metode dan
analisis laporan, hasil penelitian, dan simpulan.
D. Cara Penggunaan Abstrak
Membuat abstrak tidaklah mudah, namun juga
bukan merupakan hal yang menakutkan. Ada beberapa tips khusus untuk anda dalam
membuat abstrak, sehingga dapat terhindar dari kesalahan yang sifatnya umum.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan
dalam penulisan abstrak.
1. Semua bagian harus seimbang. Jangan hanya
menonjolkan hanya salah satu aspek saja, seperti judul saja atau penggunaan
metode penelitian saja, tetapi mengulas hasil penelitian lebih ditekankan.
2. Pastikan penulisan abstrak menggunakan
unsure 5W + 1H dengan lengkap.
3. Harus ada hubungan yang kohesif antar
unsure penelitiannya. Harus ada benang merah dari hasil penelitian yang telah
dibuat.
4. Pilihlah kata kunci yang sesuai dengan
subjek dan objek penelitian yang telah dibuat.
Salah satu fungsi dari daftar pustaka adalah
untuk memberikan arah bagi para pembaca buku atau karya tulis yang ingin
meneruskan kajian atau untuk melakukan pengecekan ulang terhadap karya tulis
yang bersangkutan. Fungsi dari daftar pustaka adalah untuk memberikan apresiasi
atau penghargaan terhadap penulis buku atau karya tulis yang dirujuk terhadap
hasil karyanya yang turut menyumbang peraran dalam penulisan karya tulis yang
kita tulis. Dan fungsi lain daftar pustaka yang tak kalah penting adalah
menjaga profesionalitas kita (jika kita sebagai seorang penulis karya tulis)
terhadap tulisan yang kita buat.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar