Jumat, 07 Desember 2012

MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN



Pengertian Model
Model adalah penyederhanaan (abstraction) dari sesuatu. Model mewakili sejumlah obyek atau aktivitas, yang disebut entitas (entity). Manajer menggunakan model untuk mewakili permasalahan yang akan di pecahkan. Obyek atau aktivitas yang menyebabkan permasalahan adalah entitas.

Jenis-jenis Model
Ada empat jenis model dasar :
1. Model Fisik
2. Model naratif
3. Model grafik
4. Model matematika

1. Model Fisik
Model fisik adalah penggambaran entitas dalam bentuk tiga dimensi. Model fisik yang di gunakan dalam dunia bisnis meliputi maket pusat perbelanjaan atau prototipe mobil baru. Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh benda nyata. Contohnya, investor pusat perbelajaan dan pembuat mobil dapat membuat sejumlah perubahan dengan lebih murah melalui rancangan model fisik mereka dibandingkan dengan produk akhir.

2. Model Naratif
Model naratif adalah penggambaran entitasnya secara lisan atau tulisan. Pendengar atau pembaca dapat memahami entitas dari narasi atau cerita. Semua komunikasi bisnis adalah model naratif, sehingga model naratif merupakan jenis model yang paling popular.

3. Model Grafik
Model grafik menggambarkan entitasnya dengan sejumlah garis, simbol, atau bentuk. Model grafik digunakan dalam bisnis untuk mengkomunikasikan informasi. Banyak laporan tahunan perusahaan kepada para pemegang saham berisikan grafik-grafik berwarna untuk menyampaikan kondisi keuangan perusahaan. Grafik juga digunakan untuk mengkomunikasikan informasi kepada manajer. Model grafik juga digunakan dalam rancangan sistem informasi. Bagan arus (flowchart) dan diagram arus data (data flow diagram). Salah satu konsep yang paling popular di dalam bisnis adalah kuantitas pemesanan ekonomis (economic order quantity), atau EOQ. EOQ adalah jumlah optimum pengisian kembali persediaan yang harus di pesan dari pemasok.

4. Model Matematika
Sebagian besar perhatian dalam pembuatan model bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Semua rumus atau persamaan matematika adalah suatu model matematika.

Konsep Dasar Model Sistem Umum Perusahaan
Sarana yang kita gunakan sebagai dasar utama uraian kita disebut model system umum perusahaan. Ini merupakan diagram grafik yang disertai dengan narasi yang menggambarkan semua organisasi secara umum, dengan menggunakan kerangka kerja sistem.

Penggunaan Model Sistem Umum
Keempat jenis model mempermudah pemahaman dan komunikasi. Model matematika, sebagai tambahan, menyediakan kemampuan prediksi. Penggunaan model tersebut dapat mempermudah pengertian, mempermudah komunikasi, dan memperkirakan masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar